WARTAKATA.ID, JAKARTA — Momen Ramadan dan Idulfitri 1446 H menjadi ajang pertarungan sengit bagi para operator telekomunikasi di Indonesia. PT Indosat Tbk. (ISAT), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mencatatkan lonjakan trafik data yang signifikan, serta peningkatan pendapatan dibandingkan hari biasa maupun periode yang sama tahun lalu. Namun, Indosat berhasil mencuri perhatian dengan mencatatkan lonjakan trafik tertinggi selama musim Lebaran 2025.
Indosat mencatat lonjakan trafik data hingga 21% dibandingkan hari biasa, melampaui Telkomsel yang mencatat kenaikan 12%. Lonjakan ini dipicu oleh tingginya aktivitas digital pelanggan, terutama dalam menggunakan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram. Dibandingkan Lebaran 2024, trafik data Indosat juga meningkat dari 17% menjadi 21% pada 2025.
“Lonjakan trafik selama libur Lebaran didominasi peningkatan aktivitas digital pelanggan, seperti penggunaan media sosial, aplikasi pesan singkat, hingga mobile gaming seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact,” ungkap SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang.
Sementara itu, Telkomsel juga mencatatkan performa yang kuat dengan peningkatan trafik internet sebesar 12% dibandingkan hari biasa dan 15,7% lebih tinggi dibandingkan periode Ramadan dan Idulfitri tahun lalu. Trafik broadband Telkomsel melonjak berkat peningkatan akses ke layanan seperti media sosial (18,3%), pesan instan (34,2%), video streaming (40,2%), dan mobile gaming (60,7%).
YouTube menjadi platform dengan lonjakan akses terbesar di jaringan Telkomsel, mencapai 154,9%. Selain itu, trafik layanan SMS Telkomsel juga mengalami kenaikan 25,4%. Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, menyampaikan bahwa lonjakan trafik ini menjadi bukti kepercayaan pelanggan terhadap layanan Telkomsel selama Ramadan dan Idulfitri.
“Kami berterima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan yang telah menggunakan produk dan layanan Telkomsel,“ ujar Saki dalam keterangan tertulis, Kamis (10/4/2025).
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Telkomsel memanfaatkan teknologi AI dalam mengidentifikasi 476 titik keramaian dan memperluas cakupan jaringan 5G dengan menambah lebih dari 1.400 BTS 5G di Jabotabek dan 90 BTS 5G di Surabaya. Telkomsel juga menggelar Posko Siaga RAFI di berbagai wilayah Indonesia.
Adapun lima wilayah dengan pertumbuhan trafik broadband tertinggi di jaringan Telkomsel adalah Jawa Tengah (38,6%), Jawa Barat (28,7%), Sumatera Bagian Tengah (22,1%), Jawa Timur (22,0%), dan Sumatera Bagian Selatan (19,2%). Lokasi wisata seperti Kota Batu, Cipanas Kota Bunga, Waduk Gajah Mungkur, Wisata Puncak, dan Bandara Soekarno-Hatta menjadi titik dengan lonjakan trafik tertinggi.
Dengan persaingan yang semakin ketat, para operator terus berlomba menyediakan layanan terbaik selama periode mudik dan libur Lebaran. Ke depan, peningkatan infrastruktur digital dan kualitas layanan akan menjadi kunci dalam mempertahankan kepercayaan pelanggan.